Kamis, 23 Januari 2014

More Fun, Less Garbage


More Fun, Less Garbage  Gadis

Perayaan tahun baru kemarin memang menyenangkan. Sayangnya banyak sampah bertebaran di berbagai penjuru kota. Faktanya, Jakarta saja menghasilkan 5.383 ton sampah dalam perayaan tahun baru 2014 kemarin. Belum ditambah sampah di kota lain. Ini bisa jadi pelajaran buat kita untuk mengurangi sampah saat bikin acara sendiri di rumah.

Gunakan Washable Dish
Hindari menggunakan peralatan makan sekali pakai. Karena ini menjadi salah satu penyebab sampah makin banyak. Lebih baik gunakan piring dan gelas yang ada di rumah. Jika kurang, kita bisa membeli beberapa alat makan plastik yang punya label food grade sehingga bisa dicuci dan digunakan kembali.

Beli Porsi Besar
Semakin banyak orang yang diundang, semakin besar pula konsumsi yang harus disiapkan. Oleh karena itu, jika butuh makanan dan minuman yang banyak, sebaiknya membeli dalam porsi besar saja. Selain lebih hemat, kita juga bisa mengurangi sampah pembungkus makanan atau minuman tersebut.

Pakai Hiasan Secukupnya
Nggak seru rasanya kalau bikin perayaan tanpa ada hiasan. Tapi bukan berarti kita harus menghias secara berlebihan. Cukup gunakan seperlunya sehingga terlihat simpel namun tetap cute.

Simpan Untuk Dipakai Kembali
Nah, ketika kita memilih menggunakan peralatan makan berlabel food grade, otomatis barang tersebut dapat digunakan kembali ketika kita mengadakan perayaan atau party lainnya. Memang sih, awalnya akan terasa lebih mahal karena harus membeli alat makan baru. Tapi karena bisa digunakan berkali-kali, justru jadinya akan lebih hemat. Beberapa hiasan juga bisa kita simpan, kok. Apalagi benda-benda yang cenderung awet dan nggak mudah busuk sehingga lebih tahan lama. Lizta - Foto: JGI/Jamie Grill/BlendImages/Corbis/ClickPhotos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar