Kamis, 23 Januari 2014

Pygmy Marmoset


Pygmy Marmoset Gadis

Gemas deh melihat monyet lucu ini. Namanya Pygmy Marmoset. Sekilas monyet ini terlihat sama saja dengan monyet pada umumnya. Tapi, kalau diperhatikan ukuran fisiknya ternyata hanya sebesar jari manusia, lho. 
Monyet terkecil di dunia
Pygmy Marmoset banyak ditemukan di hutan hujan sebelah barat Amazon Basin di Amerika Selatan. BIasanya, mereka hidup secara berkelompok dengan monyet mini lainnya sebanyak 3-15 ekor. Ukurannya hanya sebesar 100 gram dengan tinggi 15 centimeter dan panjang ekornya 20 centimeter saja. Saking kecilnya, monyet ini bisa memeluk jari manusia.

Marmoset suka bergelantungan di atas pohon. Tubuhnya yang mungil dan ekornya yang kuat, membuatnya lincah melompat dari satu ranting ke ranting lain. Uniknya lagi, Marmoset bisa memutar kepalanya sampai 180 derajat yang memudahkannya terhindar dari ancaman hewan lain yang mengintai nyawanya.

Kebiasaan unik Marmoset
Kalau biasanya monyet suka makan pisang, monyet mungil ini justru suka makan getah pohon. Saat mencari makan, ia akan melubangi kulit pohon dengan giginya, untuk mencari getah yang enak untuk dimakan. Makanan favorit lainnya yaitu serangga seperti kupu-kupu. Pgymy Marmoset punya kebiasaan makan dua jam sekali yaitu pada dua minggu awal kelahirannya.

Meskipun bisa dipelihara, tapi nggak mudah untuk merawatnya. Jika dipisahkan dari induk atau keluarganya, dia mudah sekali mengalami depresi, bahkan mati. Jika merasa terancam, ia akan menggigit atau melemparkan kotorannya kepada siapapun yang dianggap menganggu.

Monyet yang sopan santun
Nggak cuma manusia saja yang tahu bagaimana cara berbicara dengan sopan dan santun. Sebuah riset yang dilakukan oleh Asif Ghazantar, peneliti asal Princeton University, New Jersey, Amerika Serikat, menemukan bahwa Marmoset bisa mengobrol sampai 30 menit secara bergantian. Bahkan, fakta lain menyebutkan bahwa mereka saling menunggu sekitar 5 detik, sampai marmoset lainnya selesai berbicara sebelum marmoset lainnya memberikan respons. Dewianataria – Foto: Disc Pictures/corbis/ClickPhotos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar