Rabu, 13 November 2013

Jokowi Gelar Kampung Betawi di Kota Tua

Akhir pekan ini, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Kampung Betawi di Kota Tua. Kegiatan yang mengangkat situs Kota Tua sebagai salah satu heritage di Jakarta itu akan diselenggarakan selama dua hari, mulai Sabtu hingga Minggu pekan ini, di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tersebut dilakukan secara berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat yang juga memiliki kegiatan tahunan dengan nama Festival Kota Tua.

"Kampung Betawi di Kota Tua ini pertama kali diselenggarakan dan akan disinergikan dengan kegiatan lainnya, seperti festival kuliner dan peringatan Hari Kesehatan Nasional," kata Arie di Balaikota Jakarta, Rabu (13/11/2013). 

Kegiatan Kampung Betawi di Kota Tua ini akan mengangkat budaya dan sejarah terbentuknya masyarakat Betawi yang akulturatif sejak dahulu kala, misalnya warga dengan keragaman budaya, seperti budaya China, budaya Arab atau Persia, budaya Melayu, dan Indonesia Timur. 

Suasana kental budaya itu akan dihadirkan melalui berbagai pagelaran seni budaya Betawi yang edukatif karena menjelaskan bagaimana budaya-budaya itu memengaruhi keberadaan masyarakat Betawi saat ini. Keragaman sejarah Kota Tua dan penyelenggaraan acara Kampung Betawi di Kota Tua akan ditampilkan dalam sebuah buklet majalah National Geographic Traveler edisi Desember 2013. 

Sementara terkait peringatan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada (12/11/2013), Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Barat juga akan menggelar talk show bertema kesehatan serta pemeriksaan kesehatan secara gratis. Talk show dan pemeriksaan kesehatan gratis akan diselenggarakan di lokasi yang sama. 

Kegiatan lainnya yang akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri adalah Festival Kuliner, yang diadakan oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kota Tua. "Festival Kuliner ini akan berbeda karena menampilkan kuliner yang sudah sulit ditemukan sehari-hari. Selain itu, akan ada juga pameran kreatif dan bazar yang digelar oleh pihak museum," kata Arie. 

Adapun anggaran yang dialokasikan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut ialah sebesar Rp 1 miliar. DKI menargetkan, acara tersebut dapat menarik hingga 10.000 pengunjung. Melalui penyelenggaraan acara tersebut, Arie mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ingin mengajak warga Jakarta untuk berkunjung ke wisata Kota Tua. 

Tak hanya warga lokal, Jokowi juga menginginkan acara tersebut dapat menarik minat wisatawan asing untuk beramai-ramai berwisata ke Kota Tua. Gubernur Jokowi direncanakan juga akan membuka Kampung Betawi di Kota Tua pada hari pertama penyelenggaraan pada pukul 16.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar