Rabu, 13 November 2013

Suzuki Jimny Berlabuh ke Tetangga



Pertengahan Oktober silam, berbagai media Eropa memberitakan kemunculan Suzuki Jimny generasi baru yang akan dijual dalam waktu dekat. Seminggu terakhir, keberadaannya semakin dekat, karena small off-roader itu beberapa kali muncul di Malaysia.

Paultan.org
 beberapa kali menayangkan temuan pembaca dan kontributor. Paling baru, terjepret saat digendong, yang artinya mobil berkode JB43 tersebut kini berada dalam masa pengiriman ke sejumlah dealer untuk segera dirilis.

Dari data yang dikumpulkan KompasOtomotif, jantung pacu menggunakan mesin 1.300cc kode M13AA. Ada dua pilihan transmisi, manual lima percepatan dan otomatik empat percepatan. Ada opsi varian dengan tipe penggerak empat roda (4X4).

Secara dimensi hampir sama, tetap imut dengan model jip. Namun desain cukup banyak berubah. Paling mencolok adalah kap mesin yang menggunakan lubang udara (airscoop). Lampu depan kotak, namun di dalamnya terdapat lampu utama berbentuk bulat. Gril mengadopsi garis vertikal tegas.

Kesan pertama melihat pasti akan menyebut jadul. Namun bagi penggemar yang menanti, tidak akan peduli dengan desain sebagai bentuk fanatisme.

Sebagai "off-roader" berukuran kecil, Jimny cukup digemari di dunia. Bahkan di Indonesia, masih banyak yang menggunakannya saat ini yang dimodifikasi untuk mobil off-road, tak sedikit pula yang dipakai lomba. Sayang, Indonesia tak seberuntung Eropa atau Malaysia, karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ogah memasarkan karena fokus pada MPV dan mobil kecil perkotaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar