Senin, 07 Oktober 2013

Ini Jurus PM Shinzo Abe Pulihkan Ekonomi Jepang

Sejak menjabat menjadi Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menyatakan telah bekerja keras untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi Jepang.

Jurus yang dipakai Shinzo memulihkan ekonomi Jepang yaitu disebat "tiga panah", yaitu kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan strategi pertumbuhan ekonomi.

"Dengan tiga panah tersebut, kami berhasil memecah stagnansi ekonomi yang sudah menyebar di Jepang. Saa ini, jepang sedang berjalan dalam pemulihan ekonomi," katanya, Senin (7/10/2013).

Sebelumnya, kata Abe, ekonomi Jepang ada di persimpangan jalan dan tidak ada visi tentang ekonomi ke depan.

Panah pertama yaitu kebijakan moneter. Abe menuturkan, pada Januari 2013 pemerintah dan Bank of Japan melakukan perjanian kerja sama yang disebut paket stabilitas harga (price stability target) untuk mencapai target inflasi sebesar 2 persen.

Panah kedua yaitu, kebijakan fiskal yang fleksibel. Artinya, pada Januari 21013, Pemerintah Jepang mengeluarkan paket stimulus ekonomi dengan bujet sebesar 10 triliun yen.

Sebesar 3,8 triliun Yen digunakan untuk rekonstruksi Tohoku dan berbagai pemulihan bencana. Sedangkan sebesar 3,1 triliun Yen digunakan untuk promosi dai sektor swasta dan inovasi.

"Setelah melepas panah pertama dan kedua, maka kami melepas panah ketiga yaitu menjaga pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Panah ketiga, Pemerintah Jepang akan mendorong korporasi yang ada di negara tersebut untuk lebih gencar melakukan investasi karena saat ini dinilai sebagai waktu yang tepat untuk menanamkan modal, menyusul munculnya optimisme pasar dan melemahnya nilai tukar yen.
 
Untuk itu, Pemerintah Jepang berjanji akan menghilangkan berbagai rintangan yang menghalangi korporasi melakukan investasi untuk berekspansi. Kebijakan ini adalah paket yang dirilis Shinzo Abe untuk mengembalikan keperkasaan ekonomi Jepang sebagai kekuatan ekonomi ketiga terbesar di dunia, yang saat ini didera oleh deflasi. (Sanusi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar