Sabtu, 03 Agustus 2013

Tiga Pilihan Unik Sebagai Tempat Ngabuburit di Indonesia

Datangnya bulan puasa menandai adanya beberapa aktivitas khusus yang hanya dilakukan di bulan suci umat Islam ini serta menjadi waktu dimana beberapa jenis keramaian serta pilihan kuliner unik yang bermunculan. Ngabuburit menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang guna menghabiskan waktu bersantai di sore hari menjelang waktu buka puasa.
Ada beberapa tempat di tanah air yang dapat dikunjungi guna merasakan nuansa ngabuburit yang berbeda-beda bagi wisatawan yang ingin melakukan kunjungan wisata di bulan Ramadhan. Berikut tiga tempat ngabuburit unik yang dapat dikunjungi guna bersantai menjelang waktu berbuka puasa.
Lokasi Ngabuburit Unik di Pulau Jawa
Tiga Pilihan Unik Sebagai Tempat Ngabuburit di Indonesia
Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi atau tengah berada di Yogyakarta, Kampung Kauman yang berada di jantung kota Yogyakarta atau sekitar 500 meter dari titik nol kilometer ataupun Keraton Yogyakarta dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi. Di Kampung Kauman ini terdapat pasar tiban atau pasar musiman yang hanya ada selama bulan puasa berlangsung. Beberapa menu makanan khas seperti kicak dan juga berbagai makanan tradisional Jawa dapat dengan mudah ditemui di pasar tiban ini. Wisatawan yang mengunjungi pasar tiban di Kampung Kauman dapat melanjutkan melaksanakan shalat Maghrib serta Tarawih di Masjid Besar Kauman yang berada di kompleks Keraton Yogyakarta.
Tiga Pilihan Unik Sebagai Tempat Ngabuburit di Indonesia
Bagi warga Jakarta dan juga wisawatan yang tengah berada di Jakarta, menunggu waktu berbuka puasa di kompleks Monumen Nasional atau Monas bisa jadi pilihan yang menarik. Monumen dengan ketinggian 132 meter ini merupakan ikon kota Jakarta dan memiliki lingkungan yang cukup luas dan asri sebagai tempat umum sehingga seringkali dijadikan tempat berolahraga ataupun bersantai di sore hari, terutama pada bulan puasa. Tempat ini dapat dijadikan tujuan menunggu waktu berbuka puasa setelah sebelumnya mengunjungi pasar tradisional dimana banyak dijual makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Dengan membawa bekal makanan dan minuman, menanti waktu berbuka dengan bersantai ataupun berolahraga ringan di kawasan Monas dapat menjadi pilihan untuk kegiatan ngabuburit yang tidak biasa.
Lokasi Ngabuburit Istimewa di Ujung Indonesia
Wisatawan yang ingin ngabuburit di tempat yang benar-benar istimewa dapat pula memilih Sabang sebagai tempat untuk bersantai di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Kota Sabang terletak di Pulau Weh yang merupakan bagian dari Nangroe Aceh Darussalam. Sebagai bagian dari NAD, pulau ini tetap memberi nuansa Islami selayaknya salah satu kota di Serambi Mekkah sehingga tetap memberikan nuansa religius bagi siapapun yang mengunjunginya di bulan Ramadhan.
Tiga Pilihan Unik Sebagai Tempat Ngabuburit di Indonesia
Terdapat beberapa pantai alami dan beberapa di antaranya memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Selain itu juga terdapat tempat menarik lain berupa danau air tawar di tengah pulau atol kecil ini dan disebut dengan nama Danau Aneuk Laot. Tempat-tempat tersebut dapat menjadi pilihan ngabuburit yang luar biasa bagi wisawatan yang ingin merasakan buka puasa di tempat yang eksotis sekaligus memiliki lingkungan cukup religius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar