Minggu, 09 September 2012

10 Manfaat Kubis Dan Tak Banyak Orang Mengetahuinya


Salam Sehat, 
Kubis adalah salah satu sayuran hijau yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga kesehatan kita. Jadi, bagi anda yang belum tahu tentang manfaat dari kubis, maka bacaan ini akan bermanfaat.
Manfaat Kubis
Manfaat Kubis
Kubis (Brassica oleracea) adalah sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassica atau keluarga silangan, yang juga termasuk brokoli, kale, kembang kol dan kecambah brussels. Sayur ini bisa tumbuh dalam setiap jenis tanah tetapi tumbuh baik terutama di tanah yang subur – semakin subur tanah, semakin cepat kubis tumbuh.
Kubis adalah salah satu tanaman sayuran tertua dan diyakini berasal di Asia dan Mediterania. Saat ini, kubis mungkin salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia baik di daerah tropis dan semi tropik.
Ada sekitar 400 varietas kubis di seluruh dunia yang bervariasi dalam bentuk (dari bulat sampai berbentuk kerucut), ukuran (4-8 inci) dan warna (hijau, putih, merah, dan daun ungu). Yang paling umum adalah kubis yang berwarna hijau muda.
Kubis merupakan sayur ekonomis dan serbaguna yang mudah ditemukan di supermarket apapun dan memberikan Anda nilai gizi yang besar. Sayuran ini dapat dimakan mentah atau dimasak, tetapi sering ditambahkan pada sup atau semur. Di Jerman, kubis dijadikan acar dan di hidangkan sebagai Sauerkraut.
Selain digunakan dalam berbagai hidangan, Kubis juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahkan, kubis kaya fitonutrien dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C & K. Ini semua merupakan antioksidan alami, yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung menginduksi radikal bebas.
Kubis juga merupakan sumber serat makanan, menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang direkomendasikan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal.
Beberapa manfaat kesehatan yang positif dari kubis seperti yang diberikan di bawah ini:
Mencegah pertumbuhan kanker
Kubis mengandung sifat melawan kanker, termasuk lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indol-3-karbinol (I3C), dan sulforaphane, yang dapat membantu memicu enzim pertahanan tubuh dan menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa I3C dan sulforaphane dalam kubis telah terbukti meningkatkan efek anti kanker dari Taxol obat kemoterapi. Salah satu penelitian terhadap wanita Cina menemukan bahwa konsumsi sayuran (seperti kubis, brokoli, kembang kol dan kubis Brussel) dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara yang signifikan.
Mengatasi tukak lambung
Kubis adalah salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut (disebut tukak lambung). Sebuah studi di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa jus kubis segar sangat efektif dalam mengobati tukak lambung. Hal ini disebabkan karena kandungan glutamin tinggi di dalamnya.
Anti-inflamasi
Kubis adalah sumber yang baik dari asam amino glutamin dan dipercaya untuk membantu mereka yang menderita dari semua jenis peradangan.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Karena tinggi akan vitamin C, kubis membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan terhadap radikal bebas.
Mencegah risiko katarak
Kubis juga tinggi beta karoten yang membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia  dan mencegah katarak.
Penurunan berat badan pada diet
Kubis merupakan pilihan diet bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Satu cangkir kubis yang dimasak hanya mengandung 33 kalori. Itu sebabnya orang-orang yang diet dengan sup kubis dapat makan sebanyak mungkin sup kubis ini tanpa kenaikan berat badan, dan justru meningkatkan kesehatan tubuh.
Mengurangi resiko penyakit Alzheimer
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan kubis merah dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Kubis merah mengandung vitamin K dan antosianin, antioksidan untuk membantu mengurangi plak pada otak, sehingga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.
Meringankan sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam kubis membantu merangsang sistem pencernaan, dan dengan demikian menghilangkan sembelit.
Perawatan kulit
Antioksidan dalam kubis membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas diketahui menyebabkan tanda-tanda penuaan.
Meringankan nyeri otot
Kubis mengandung asam laktat yang dikenal untuk membantu meringankan nyeri otot.
Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari kubis,  hindari memasak kubis terlalu matang karena dapat mengurangi nilai gizi kubis khususnya vitamin C dan nutrisi yang tersisa akan menjadi lebih sulit untuk dicerna. Kubis dapat dimakan dengan berbagai cara seperti direbus, dikukus, ditumis, ditumis atau bahkan dipanggang. Tapi kubis yang paling bergizi adalah apabila dimakan mentah. Tambahkan daun mentah yang diiris atau diparut dalam sayuran salad untuk rasa yang lebih nikmat.
Kesimpulan 
Kubis adalah salah satu sayuran hijau yang tidak kalah dengan brokoli sebelumnya. Dengan 10 manfaat yang ada dalam kubis seperti mencegah kanker, sembelit, nyeri otot, resiko katarak, kulit dan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Hindari memasak terlalu matang, dan tambahkanlah kubis ke dalam salad anda sebisa mungkin karena kubis termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan.
Sebuah cerita yang cukup menginspirasi tentang bagaimana seorang wanita Inggris menurunkan berat badannya hingga 63 kg, tentu apa yang bisa membuat ia seperti ini menjadi pertanyaan bagi sebagian orang, namun semua sudah terungkap dan disinilah jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar