Minggu, 09 September 2012

6 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh


Salam Sehat, 
Saya berusaha mencari manfaat dari salah satu makanan yang paling banyak di gemari ini, dan akhirnya bisa mengetahui dari manfaat kentang untuk kesehatan. Ya, walaupun memang tidak direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan tetapi tidak buruk juga mengetahui manfaat dari sayuran ini.
Kentang
Kentang
Kentang (Solanum tuberosum) adalah sumber makanan yang sangat populer. Di beberapa negara, umbi ini bahkan menjadi makanan pokok penting.
Sayangnya, banyak orang makan kentang dalam bentuk kentang goreng berminyak atau keripik kentang dan bahkan kentang panggang yang biasanya dicampur dengan lemak seperti keju, mentega, bit bacon dan krim asam yang membuat kentang menjadi salahs satu kontributor untuk serangan jantung.
Tapi jika kita menjauhkannya dari penggorengan, kentang adalah makanan  sehat yang rendah kalori dan makanan serat yang menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap beberapa penyakit dan menjaga tubuh agar tetap sehat.
Menurut hitungan kalori, kentang memiliki banyak nilai gizi yang merupakan sumber penting bagi tubuh manusia.
Nilai gizi pada Kentang
Untuk 1 kentang kecil (138g)
nutritional value of potatoes, calories in potatoes

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kentang :

Menaikkan Berat badan
Kentang kaya akan karbohidrat dan sedikit protein. Hal ini membuat pola makan yang ideal bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan yang tepat dari karbohidrat ini. Itulah mengapa kentang menjadi bagian yang tak terelakkan untuk Pegulat Sumo.

Pencernaan
Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini adalah kabar yang baik untuk pasien, bayi dan mereka yang kurang baik pada pencernaan namun memerlukan energi dari karbohidrat.
Perawatan kulit
Vitamin-C, B kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk perawatan kulit. Pulp yang diperoleh dalam kentang mentah dihancurkan, dicampur dengan madu, juga dapat dioleskan sebagai tapal pada keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.
Fungsi otak
Fungsi otak yang tepat sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, beberapa anggota vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan di atas. Selain itu,kentang juga mengandung zat-zat tertentu lainnya seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.
Peradangan
Gizi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena kentang itu lembut dan mudah dicerna merupakan kabar baik bagi mereka yang memiliki borok mulut.
Reumatik
Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium pada kentang dapat membantu mengurangi rematik.
Selain beberapa manfaat kesehatan disebutkan diatas, kentang juga baik untuk jantung, pemulihan energi saat diare dan penyakit lain. Apakah Anda masih takut makan kentang? Selama Anda tidak mengkonsumsi berlebihan, sebagian dari kentang goreng juga memiliki manfaat kesehatan.
Kesimpulan
Kentang sebenarnya adalah salah satu makanan yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat. Kentang yang di goreng, di panggang, dan lain – lain membuat nama kentang menjadi buruk. Dan untuk anda yang ingin menaikkan berat badan, maka kentang bisa menjadi salah satu pilihan dalam menu.
Apakah anda pernah membaca manfaat dari kubis?
Kubis juga merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak manfaatnya, karena itu adalah sayuran hijau maka sudah dipastikan memiliki manfaat yang sudah tidak diragukan lagi.

2 komentar:

  1. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Atas Kunjungannya Ke Blog Saya . Semoga Dapat Bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus