Jumat, 14 Maret 2014

Politisi Rusia Desak FIFA Anulir AS Dari Piala Dunia 2014

 Politik tak selalu bisa dipisahkan dari olah raga atau mungkin ini adalah politisasi sepak bola. Dua politisi Rusia membuat petisi dan menuntut agar Amerika Serikat dilarang berpartisipasi di Piala Dunia tahun ini. Selain itu, mereka juga menuntut keanggotaan AS dari badan sepak bola dunia FIFA dicabut.
Petisi yang dilayangkan ke FIFA itu dibuat oleh Aleksandr Sidyakin dan Mikhail Markelov, wakil parlemen dari negara bagian Duma, Rusia, yang merupakan level parlemen terendah negara itu.
Para politisi mengutip tindakan agresif terhadap Yugoslavia, Irak, Libya, serta upaya melanggar batas Suriah sebagai alasan mereka meminta larangan tersebut.
Tindakan Sidyakin adalah reaksi balasan terhadap surat yang dikirim oleh senator Partai Republik Amerika Serikat, Mark Kirk dan Dan Coates, yang meminta FIFA untuk mengeluarkan Rusia dari ajang Piala Dunia 2014.
"Ini mata dibalas mata, bola dibalas bola (pembalasan setimpal). Jangan biarkan AS ambil bagian di Piala Dunia 2014! Akhiri keanggotaan mereka dari FIFA," kata Sidyakin di akun Twitter miliknya.
Sidyakin mewakili partai Rusia Beratu, yang merupakan partai terbesar di negara tersebut dan punya kedekatan dengan Presiden Vladimir Putin (mantan ketua). Sementara itu, Markelov adalah anggota dari Partai Rusia Adil.
"Saya tidak berharap dijawab. Saya hanya ingin bos FIFA memegang dua surat serupa yang akan menunjukkan kebodohan senator-senator AS, yang buta terhadap kesalahan-kesalahannya," jelas Sidyakin seperti dikutip Interfax.
Sebelumnya seperti diberitakan The Guardian, dua senator AS meminta dengan tertulis kepada FIFA , agar badan sepak bola dunia itu melarang Rusia ikut Piala Dunia 2014 di Brasil dan dilucuti haknya untuk menjadi tuan rumah turnamen 2018, atas invasi Krimea semenanjung Ukraina .
AS dan Uni Eropa telah memberlakukan sanksi ekonomi terhadap pemerintahan Presiden Vladimir Putin , sebagai tanggapan terhadap pendudukan pangkalan militer Ukraina dan transportasi dan fasilitas infrastruktur yang dimulai pekan lalu .
Dalam surat mereka kepada ketua FIFA, Sepp Blatter, Mark Kirk dari Illinois dan Dan Coates dari Indiana, keduanya berasal dari Partai Republik, mengacu pada pembatalan keikutsertaan Yugoslavia pada Kejuaraan Eropa 1992 dan Piala Dunia 1994.
Dalam suratnya mereka berkata : "Rusia telah menampilkan sikap kurang hormat kepada prinsip-prinsip dasar FIFA dan hukum internasional , [ maka kami ] berharap Anda akan setuju bahwa negara itu tidak layak menjadi tuan rumah Piala Dunia atau berpartisipasi dalam salah satu even tersebut.
" Kami meminta tuan rumah Piala Dunia 2018 dipertimbangkan kembali. "
Surat tersebut juga mengutip  statuta FIFA yang menyerukan penangguhan jika sebuah negara atau orang-orang melakukan diskriminasi : " Sesuai dengan pasal 3 dari anggaran dasar FIFA : ' diskriminasi dalam bentuk apapun terhadap negara , orang pribadi atau sekelompok orang pada rekening asal etnis , jenis kelamin , bahasa, agama , politik atau alasan lain sangat dilarang dan dikenai sanksi suspensi atau pengusiran . ' "
Pada bulan Oktober , FIFA meminta jaminan bahwa federasi sepak bola Rusia mengambil langkah-langkah untuk menangani insiden rasis pada pertandingan di negara ini . Namun kemudian mengatakan bahwa posisi Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 tidak dalam bahaya .
Rusia mendapat hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 pada bulan Desember 2010 , mengalahkan tawaran pesaing dari Inggris , Belanda dan Belgia dan Spanyol dan Portugal .
Pada Piala Dunia tahun ini , yang akan dimulai pada bulan Juni , Rusia telah berada di Grup H, bersama Belgia, Aljazair dan Korea Selatan. Rusia , dilatih oleh Fabio Capello , lolos ke final dengan memenangkan grup kualifikasi mereka bersama Portugal.
Rusia dan Amerika Serikat bisa bertemu di babak 16 besar. Amerika Serikat kalah 2-0 dalam pertandingan persahabatan internasional melawan Ukraina yang telah dipindahkan dari Kharkiv ke Siprus akhir pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar